" Wirausaha - Motivasi - Trik "

Tips Wirausaha Budidaya Ternak Kelinci Bisa Bikin Kaya

Advertisement

Advertisement
#
Cara Mudah Beternak Kelinci, Ternak kelinci sesungguhnya termasuk untuk Hoby serta dapat di bersanding dengan Usaha. Kelinci terkecuali hewan yang lucu serta imut buat di sayang serta di manjakan. kelinci juga mempunyai kesempatan yang sangatlah bagus untuk di buat jadi Usaha taraf Besar. Telah banyak yang berhasil mendulang emas dari Usaha ternak Kelinci ini.
Di artikel ini, Saya berupaya menuliskan sedikit analisis perihal Usaha Budidaya kelinci pedanging. Kelinci Pedaging yang paling populer yaitu Kelinci Flame. Kelinci Flame yaitu kelinci yang mempunyai ukuran super jumbo, Tetapi, sayangnya Kelinci Flame di Indonesia telah tak ada lagi yang murni kelinci Flame. yang ada di Indonesia sekarang ini yaitu hasil perkawinan dari beragam jenis gen kelinci hingga tak ada lagi kelinci yang dapat besar meraih kian lebih 10 Kg. Serta Kelinci yang beradar serta mengatas namakan Kelinci Flame yang banya orang katakan juga kelinci Australia ini yaitu telah beralih serta jadi lebih kecil dari kelinci Aslinya.

Umumnya Kelinci Flame yang beredar di Daerah daerah seperti Boyolali dsb yaitu kelinci type Flame yang telah beralih. Buat anda yang baru pertama kalinya lihat saksikan atau mau beli Kelinci Flame janganlah gampang tergoda dengan rayuan si kelinci yang tampak imut ini. lantaran mungkin saja yang anda beli tak lain da tak ada bedanya dengan Kelinci Australia yang anda beli di pasar pasar. Beratnya juga paling gede optimal cuma meraih 6 kg, itu juga telah termasuk juga tua.

Buat anda yag mau budidaya kelinci, terlebih kelinci flame, anda mesti benar benar tahu langkah untuk membudidayakan kelinci flame. Kelinci yang memiliki ukuran nyaris 3 kali lipat dari kelinci jawa ini memanglah menarik. Tetapi perawatanya juga lebih susah. KElinci Flame tak dapat di ternak seperti kelinci umum, Kelinci ini mesti di bbuatkan kandang yang benar benar bersih serta tertangani. Lantaran kelinci type flame ini sukai kebersihan.
Tersebut analisis Ternak Kelinci Versus Mu’tassim Fakkih yang berhasil ternak kelinci.

Mengetahui kelinci pedaging
Biasanya ada dua type kelinci yang kita kenal, yaitu kelinci hias serta kelinci pedaging. Semasing mempunyai karakteristik yang tidak sama dalam perlakuan peternakan serta bisnisnya. Kesempatan ini kita bakal cobalah mengupas potensi usaha kelinci pedaging. Kenapa? Menurut Mu’tassim Fakkih keperluan bakal daging kelinci masih tetap jauh di atas pasokan yang hingga kesempatan bisnisnya-pun masih tetap sangatlah besar. Kelinci pedaging umunya datang dari type yang bertubuh besar, bertambahnya berat tubuhnya cepat serta mempunyai kwalitas daging bagus. Di antara kelinci yang biasanya diternakkan juga sebagai kelinci pedaging adalah type Flemish Giant serta New Zealand (atau yang umum kita kenal dengan Trewelu Australi).

Persiapan kandang kelinci pedaging
Pemeliharaan kelinci pedaging tak jauh tidak sama dengan kelinci pada umunya. Dapat dengan diliarkan pada ruang spesifik atau dikandangkan. Tetapi, bila mempunyai tujuan untuk usaha ternak dianjurkan untuk memakai system kandang. Kandang yang dipakai terdapat banyak jenis. Kandang baterai untuk indukan serta kandang koloni untuk anakan yang terlepas sapih. Kandang baterai dapat di buat dengan ukuran 70 x 80 cm dengan tinggi 60 – 70 cm. Tengah kandang koloni dapat di buat dengan ukuran 1 x 1 m dengan tinggi 30 – 40 cm. Kandang koloni ini cuma dipakai juga sebagai tempat pembesaran anakan kelinci terlepas sapih hingga umur +- 3 bln.. Celah pada alas kandang di buat dengan lebar 1 – 1, 5 cm supaya kotoran dapat jatuh ke bawah namun juga tak membahayakan kaki kelici pedaging dengan peristiwa terjepit atau terjerumus. Kandang dapat di buat bertingkat tetapi upayakan tak kian lebih 2 tingkat karena kelinci yaitu binatang yang takut pada ketinggian.

Perkawinan kelinci pedaging
Kelinci yang akan dikawinkan baiknya berumur di atas 6 atau 7 bln.. Langkah mengawinkan yaitu dengan membawa kelinci betina ke kandang kelinci jantan. Saat yang baik untuk mengawinkan kelinci yaitu pagi hari jam 6 sampai 8 atau malam hari jam 7 hingga 9 malam. Sesudah kelinci jantan mengawini kelinci betina biarlah istirahat serta beri minum, angkat kelinci betina. Saat istirahat ini pada 15 – 30 menit. Kemudian ulangilah kembali sistem perkawinan 2 – 3 kali. Sinyal bahwa kelinci betina bunting (perkawinan berhasil dikerjakan) yaitu senantiasa menjauh apabila didekatkan pada pejantan. Saat kehamilan kelinci +- 30 hari, serta termasuk juga hewan yang produktif dan subur. Dalam sekali melahirkan, induk kelinci dapat beranak sampai 12 ekor anakan. Anak kelinci bakal menyusu pada induknya sampai usia +- 45 hari, kemudian anak kelinci dapat dipisah ke kandang koloni sampai umur +- 3 atau 4 bln.. Induk kelinci diistirahatkan +- 15 hari selepas menyusui lalu dapat dikawinkan kembali. Berarti dengan siklus seperti ini, kelinci dapat melahirkan 3 – 4 kali dalam satu tahun. Anakan yang telah berusia 3 atau 4 bln. mulai diletakkan dalam kandang baterai.

Makanan kelinci pedaging
Sedikit tidak sama dengan kelinci hias yang pemberian pakannya mempunyai tujuan untuk kwalitas perkembangan bulu yang bagus, jadi pakan untuk kelinci pedaging mempunyai tujuan untuk perkembangan daging yang bagus. Pakan paling utama kelinci yaitu rumput lapangan (kecil-kecil), dapat ditambah dengan pakan buatan pabrik/pelet kelinci, ampas tahu serta sayur-sayuran. Cara pemberian pakan dapat dikerjakan 2 kali satu hari, yaitu pagi seputar jam 9 atau 10 berbentuk pakan pabrik/pelet atau ampas tahu dengan sedikit rumput atau sayuran serta sore hari mendekati malam berbentuk rumput dalam jumlah besar, mengingat kelinci yaitu hewan nocturnal yang aktif saat malam hari. Air minum diberikan setiap waktu, upayakan senantiasa ada. Untuk indukan yang tengah menyusui dapat diberikan penambahan daun pepaya satu lembar sehari-harinya. Pemberian kangkung baiknya dijauhi serta wortel bisa diberikan paling banyak 3 kali satu minggu.

Penyakit pada kelinci pedaging
Satu hal sebagai momok untuk beberapa peternak kelinci yaitu penyakit. Kelinci di kenal juga sebagai hewan yg tidak tahan pada penyakit, berarti demikian terkena penyakit gampang mati. Beragam penyakit yang umum menyerang kelinci salah satunya ; kudis, luka, jamur kulit, saraf, kanibal, cebol (perkembangan tak normal) serta lain-lainnya. Namun Mu’tassim Fakkih merekomendasikan supaya beberapa peternak tak perlu takut, karena sesungguhnya penyakit-penyakit itu dapat dicegah lewat cara yang simpel, yaitu ; senantiasa melindungi kebersihan kandang serta pemberian pakan yang teratur. Untuk kelinci pedaging yang telah terkena penyakit baiknya dipisahkan dari kelinci lain hingga sembuh untuk menghindar penyebaran lalu di beri obat. Kandang tempat kelinci yang sakit juga mesti dibikin bersih.

Perhitungan usaha budidaya kelinci pedaging
Usaha budidaya kelinci dapat diawali dari taraf kecil, menengah sampai besar. Dengan tingkat produktivitas serta kesuburan yang sangatlah tinggi, dari seekor indukan dapat jadi 15 – 20 ekor sepanjang satu tahun dengan anggapan anak hidup sampai dewasa 5 ekor serta melahirkan sejumlah 3 kali dalam satu tahun. Dengan tingkat harga daging kelinci yang sedikit lebih tinggi di banding daging ayam kampung seputar 27 ribu per kilogramnya, atau 17 ribu per kg berat hidup jadi usaha budidaya kelinci pedaging sangatlah layak untuk diperhitungkan jadi pilihan ber wirausaha. Kelinci pedaging siap potong umumnya berumur di atas 6 bln. dengan berat tubuh rata-rata 4 kg. Harga indukan flemish giant sekarang ini sekitar +- 200 ribu per ekor. Jadi dengan modal 5 juta rupiah telah cukup untuk mengawali usaha budidaya kelinci pedaging dengan perincian untuk beli 8 ekor indukan, 2 ekor pejantan, pembuatan kandang dan cost operasional sepanjang +- 8 bln.. Dengan anggapan sesudah 8 bln. kita telah dapat memperoleh income dari penjualan kelinci hasil ternak.

Demikian sahabat wirausaha yang bakal sukses demi indonesia yang lebih baik,hehe sampai disini dulu untuk postingan kali ini mengenai  Tata Cara Wirausaha Peternakan Kelinci Atau Budidaya Kelinci, Semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. baca juga artikel kami sebelumnya mengenai Tips Cara Budidaya ikan gurame di kolam terpal.

Advertisement
#
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Wirausaha Budidaya Ternak Kelinci Bisa Bikin Kaya