" Wirausaha - Motivasi - Trik "

Pengertian dan Contoh Announcement Text

Advertisement

Advertisement
#
Pengertian dan Contoh Announcement Text, Dalam Bahasa Inggris ada berbagai macam jenis teks dan salah satunya adalah announcement text. Announcement Text adalah suatu text dalam Bahasa Inggris yang bertujuan untuk mengumumkan suatu peristiwa, kegiatan, atau acara kepada orang lain atau khalayak umum. Jika text tersebut ditujukan untuk seseorang secara pribadi maka masuk ke dalam kategori invitation text. Menurut meriam-webster.com, announcement diartikan sebagai a written or spoken statemenet that tells people about something: public or formal words that announce something. Isi announcement text biasanya berupa pemberitahuan untuk menghadiri sebuah acara, penerimaan siswa atau murid baru atau juga sebuah pengumuman lowongan pekerjaan.
Karena fungsi utama dari announcement text adalah memberitahukan, mengajak dan menyerukan maka text ini sangat berkaitan dengan jenis analytical exposition dan hortatory text. 

Ada tiga bagian dalam struktur announcement text:
1) Title  Title atau judul pada umumnya menjelaskan gambaran umum dari sebuah pengumuman. Selain itu, title juga biasanya dalam bentuk sebuah kalimat yang mewakili semua isi yang akan disampaikan dalam announcement text. Misalnya, sebuah announcement text berjudul English Debate maka secara otomatis isi pengumuman tersebut adalah mengenai lomba debat bahasa Inggris.
2) Explanation  Bagian ini menjelaskan secara lengkap tentang isi announcement text tersebut. Misalnya, di mana lomba debat tersebut dilaksanakan, kapan dan berapa biaya pendaftaran untuk mengikuti debat bahasa Inggris tersebut. Secara umum, explanation menjelaskan secara lebih rinci mengenai apa saja yang berhubungan dengan judul. 

Contoh announcement text 1
Announcement to All Staff
It’s that time of year again. As you all know, Christmas is our busiest season of the year. Every year it is a struggle for management and supervisors to find the time and energy to organize a staff Christmas party. This year, we have decided to postpone the Christmas party until after our busy season.
Party Details:
•Date        : Second or third Saturday in January
•Theme        : Beach
•Food        : Caribbean
•Special events    : Karaoke and happy dancing

We apologize that the celebration will have to wait until the new year. Anyone is interested to help out with the event is encouraged to call Lucy. Lucy’s cell phone number is 222-3098. Please contact Lucy outside business hours regarding this matter.

Thank you,
Management

Contoh announcement text di atas adalah tentang kegiatan kantor dalam menyambut liburan. Pengumuman tersebut ditujukan untuk semua staff perusahaan dan mereka dihimbau untuk berpartisipasi dalam meramaikan acara tersebut. Waktu pelaksanaan acara tersebut adalah minggu kedua atau ketiga pada bulan Januari dan bertema pantai.

Demikian sahabat untuk postingan mengenai Pengertian dan Contoh Announcement Text, semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. jangan lupa baca juga artikel mengenai Contoh Present Tense.

Advertisement
#
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Contoh Announcement Text